Fenomena Twitter 27/10/09

Posted: December 4, 2009 in Opinion

Fenomena Twitter

Oleh: Muhammad Akbar

Banyak dari kita yang sudah mengenal jejaring sosial di dunia seperti; Facebook, Friendster, Myspace, Hi5, dan lain-lain. Tapi apakah anda sudah mengenal dengan jejaring sosial yang bernama Twitter? Twitter didirikan oleh Jack Dorsey pada Maret 2006 melalui perusahaan rintisan Obvious Corporation. Twitter dalam pengertiannya  adalah suatu situs web jejaring sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui Short Messages Services, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin(id.wikipedia.org).

Beberapa orang pengguna jejaring sosial tidak segan untuk meninggalkan jejaring sosial lainnya untuk sekedar memperbaharui status di Twitter karena berbagai alasan. Mereka tertarik dengan Twitter karena menurut mereka Twitter terlihat lebih simpel, informasi lebih  cepat mengalir dan terfokus karena hanya memperbaharui tweet yang terdiri dari informasi yang tidak lebih 140 karakter, Twitter memiliki trending topics yang dapat membantu pengguna mengetahui informasi apa yang sedang hangat dan banyak dibicarakan orang lain, atau juga ada yang hanya sekedar ikut-ikutan teman.

Sekarang apakah anda sudah tertarik menggunakan layanan Twitter?

Pada saat anda menggunakan layanan Twitter berarti anda telah siap tukar menukar informasi. Dengan Twitter anda akan memberi dan menerima informasi dari follower anda. Anda juga bisa melanjutkan tweet yang anda follow kepada follower anda dengan mengetik ‘RT’ sebelum nama sumber tweet yang akan anda poskan sebagai etika dalam ber-Twitter.

Untuk mengirim tweet secara spesifik anda dapat menggunakan ‘@’ di ikuti nama akun pengguna tersebut. Ini juga berguna untuk follower anda mengetahui siapa orang yang anda maksud pada tweet anda.

Di Twitter informasi pada umumnya berjalan sangat cepat. Informasi yang pada awalnya sangat mengejutkan bisa saja menjadi hambar apabila muncul lagi informasi yang lebih mengejutkan. Suatu topik yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dapat kita lihat di ‘Trending Topics’.

Pada dasarnya pengguna Twitter mempunyai keinginan untuk mempunyai follower sebanyak-banyaknya agar segala informasi yang dilalui pengguna tersebut dapat di akses oleh orang banyak dan dia menjadi populer. Namun banyak sekali tweet pengguna hanya ‘nyampah’ di beranda follower mereka. Seperti; ‘lagi makan’, ‘tidur’, ‘lagi hang out’, dan lain-lain. Padahal tweet seperti itu tidak penting bagi sebagian orang dan dapat menurunkan jumlah follower pengguna tersebut.

Sebaiknya tweet di isi informasi-informasi penting seperti sharing ilmu, berita, jaringan komunikasi, dan lain-lain. Jangan hanya di isi informasi yang membuat orang tidak nyaman dan hanya bercerita kehidupan anda sehari-hari karena informasi yang ada di Twitter bukan hanya tentang anda tetapi tentang kebutuhan informasi dari follower anda.

Banyak keuntungan yang dapat anda dapatkan dalam ber-Twitter. Mulai dari tukar-menukar informasi, memperbanyak jaringan pertemanan, bahkan mempromosikan suatu produk dapat dilakukan melalui Twitter. Faktor-faktor inilah yang membantu mendongkrak kepopuleran Twitter pada mayarakat kita.

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan twitter.

Istilah

Beberapa istilah yang dipergunakan di Twitter:

  • Tweet adalah sesuatu yang ditulis di status Twitter.
  • ‘@’ adalah penanda yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukan diterima oleh pengguna tersebut.
  • Reply adalah balasan.
  • Following adalah pengguna lain yang tweet nya akan selalu diterima.
  • Follower adalah pengguna lain yang akan selalu menerima tweet.
  • ReTweet (RT).
  • Direct Messages adalah pesan personal.
  • Favorites adalah menyimpan tweet tertentu yang diinginkan.
  • Hash Tags (#) adalah penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga.
  • Trending topics adalah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.
  • OverHeard (OH) adalah penulisan tweet milik orang lain pada status tanpa ingin mencantumkan siapa yang menulisnya, OH ditulis di depan tweet yang ingin dimasukkan.
  • HeardThrough (HT) adalah penulisan tweet berdasarkan sesuatu yang didengar dalam kehidupan nyata. HT ditulis di depan tweet yang ingin dimasukan disana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s